Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio merupakan satu
metode penilaian berkesinambungan, dengan mengumpulkan informasi atau data
secara sistematik atas hasil pekerjaan seseorang (Pomham, 1984). Penilaian portofolio merupakan kegiatan
penilaian yang dilakukan dengan menggunakan bukti-bukti hasil belajar
(evidence) yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dipelajari. Evidence
tersebut dapat berupa karya peserta didik (hasil pekerjaan) dari proses
pembelajaran yang dianggap terbaik, atau bentuk informasi lain yang terkait
dengan kompetensi keahlian tertentu. Portofolio adalah kumpulan hasil karya
seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan
oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai
tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.
Portofolio
penilaian bukan sekedar kumpulan hasil kerja siswa, melainkan kumpulan hasil
siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti tentang
kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu.
Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh guru
sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan
pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa. . Jadi, tidak setiap
kumpulan karya seorang peserta didik disebut portofolio. Fungsi penilaian
Portofolio adalah sebagai alat untuk mengetahui kemajuan kompetensi yang
telah dicapai peserta didik dan mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik,
memberikan umpan balik untuk kepentingan perbaikan dan penyempurnaan KBM. Jenis
karya seorang siswa, misalnya:
- Hasil proyek, penyelidikan atau praktik siswa
- Gambar atau laporan hasil pengamatan siswa
- Analisis situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan
- Deskripsi dan diagram pemecahan suatu masalah
- Laporan hasil penyelidikan
- Penyelesaian soal – soal terbuka
- Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas
- Laporan kerja kelompok
- Hasil Kerja siswa, dll
v Bentuk
portofolio
- Portofolio Proses
( Proses Oriented )
Adalah portofolio yang menekankan pada tinjauan
bagaimana perkembangan peserta didik dapat diamati dan dinilai dari waktu ke
waktu
- Portofolio
Produk (Product Oriented )
Adalah portofolio yang menekankan pada tinjauan hasil terbaik
yang telah dilakukan peserta didik , tanpa memperhatikan bagaimana proses untuk
mencapai hasil itu terjadi.
v Keuntungan
Menggunakan Portofolio
Pengetahuan tidak datang
dan masuk ke dalam benak siswa seperti hujan turun dan meresap ke dalam tanah.
Untuk memperoleh pengetahuan siswa harus ‘berjuang’ dengan mencerna informasi yang
datang dari guru, informasi dari media cetak (bahan tertulis), informasi yang
terkandung didalam benda-benda yang dijumpainya, dan sebagainya. Oleh karena
itu,untuk memperoleh pengetahuan, siswa harus ‘aktif’, atau ‘belajar secara
aktif’. Oleh karena itu,dalam kelas yang ideal,siswa harus melakukan ‘penyelidikan’
memecahkan masalah, mengeksplorasi gagasan-gagasan dengan menggunakan
benda-benda konkret, menggunakan pembelajaran, mengerjakan hal-hal tersebut
secara mandiri dan secara berkelompok, atau dengan bekerja sama dalam kelompok
kecil, mengungkapkan gagasan-gagasan baik secara tertulis maupun secara lisan.
v Kelemahan
Penggunaan Portofolio
Penggunaan portofolio
juga memiliki kelemahan atau menghadap kesulitan. Kelemahan atau kesulitan itu,
antara lain:
1. Penggunaan portofolio
tergantung pada kemampuan siswa dalam menyampaikan uraian secara tertulis.
Selama siswa belum lancar berbahasa tulis Indonesia, penggunaan portofolio akan
merupakan beban tambahan yang memberatkan sebagian besar siswa.
2. Penggunaan portofolio
untuk penilaian memerlukan banyak waktu dari guru untuk melakukan penskoran;
apalagi kalau kelasnya besar. Oleh karena itu, portofolio yang ditugaskan untuk
dibuat perlu disesuaikan dengan kemampuan siswa berbahasa tulis Indonesia dan
waktu yang tersedia bagi guru untuk membacanya.
Referensi :
Dasim Budimansyah. 2002. Model
pembelajaran dan penilaian berbasis portofolio. Bandung: Genesindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar